Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Terbaru:

latest

Sejarah Piano berasal dari Italia

Sejarah Piano berasal dari Italia . Instrumen dapat dibagi menjadi tiga kategori berdasarkan cara mereka menghasilkan suara. Kategori t...



Sejarah Piano berasal dari Italia. Instrumen dapat dibagi menjadi tiga kategori berdasarkan cara mereka menghasilkan suara. Kategori tersebut adalah alat musik gesek, alat musik tiup, dan alat musik perkusi. Nenek moyang piano dapat ditelusuri kembali melalui berbagai instrumen seperti clavichord, harpsichord, dan dulcimer. Tetapi jika ditelusuri kembali lebih jauh, orang akan menemukan bahwa piano adalah keturunan dari monochord. Dengan kata lain, berdasarkan leluhurnya piano dapat diklasifikasikan sebagai alat musik dawai.




 Piano Memiliki Mekanisme yang Sama dengan Dulcimer

Walaupun piano dapat digolongkan sebagai alat musik gesek karena fakta bahwa suara berasal dari getaran senar, ia juga dapat digolongkan sebagai alat musik perkusi karena palu memukul senar-senar itu. Dengan cara ini mirip dengan Dulcimer.
Dulcimer adalah instrumen yang berasal dari Timur Tengah dan menyebar ke Eropa pada abad ke-11. Ini fitur kotak beresonansi sederhana dengan string yang membentang di atasnya. Sama seperti piano, palu kecil digunakan untuk memukul senar, itulah sebabnya dulcimer dianggap sebagai leluhur langsung dari piano.





 Clavichord, Langkah Besar Menuju Piano

Piano juga dianggap sebagai bagian dari keluarga keyboard. Sejarah instrumen dengan papan ketik tanggal jauh ke belakang dan berasal dari organ, yang mengirimkan semburan udara melalui pipa untuk menghasilkan suara. Pengrajin memperbaiki organ untuk mengembangkan instrumen yang selangkah lebih dekat ke piano, klavichord.
Clavichord pertama kali muncul pada abad ke-14 dan menjadi populer selama Era Renaissance. Menekan tombol akan mengirim batang kuningan, yang disebut garis singgung, untuk menyerang tali dan menyebabkan getaran yang memancarkan suara pada rentang empat hingga lima oktaf.



 
 Clavichord










 Piano Tampak Seperti Harpsichord

Dibuat di Italia pada sekitar tahun 1500, harpsichord kemudian menyebar ke Prancis, Jerman, Flanders, dan Inggris. Ketika sebuah tombol ditekan, sebuah plectrum yang menempel pada sebatang kayu panjang yang disebut jack mencabut dawai untuk membuat musik.
Sistem dawai dan papan suara ini, dan keseluruhan struktur instrumen menyerupai yang dapat ditemukan pada piano.



Harpsichord


 Cristofori, Pencipta Piano Pertama

Piano itu ditemukan oleh Bartolomeo Cristofori (1655-1731) dari Italia.
Cristofori tidak puas dengan kurangnya kontrol yang dimiliki musisi terhadap tingkat volume harpsichord. Dia dipuji karena mengganti mekanisme pemetikan dengan palu untuk menciptakan piano modern sekitar tahun 1700.
Instrumen ini sebenarnya pertama kali bernama "clavicembalo col piano e forte" (secara harfiah, harpsichord yang dapat memainkan suara lembut dan keras). Ini disingkat menjadi nama yang sekarang umum, "piano."


 
The mechanism invented by Cristofori






 
The Cristofori fortepiano









No comments